Peralatan dan Obat Standard pada Kotak P3K

Kecelakaan atau cedera dapat terjadi kapan dan dimanapun, mulai dari lutut yang tergores hingga tulang yang patah. Luka atau cedera ringan pun harus mendapatkan perawatan segera untuk menghindari terjadinya infeksi atau kondisi lanjutan yang tidak diinginkan. Untuk itulah setiap Rumah Tangga sebaiknya memiliki peralatan untuk Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang memadai.

Ada beberapa peralatan-peralatan Standard yang harus tersedia di dalam Kotak P3K, periksa kembali Kotak P3K Anda dan Lengkapilah dengan perlengkapan berikut agar Anda siap menangani cedera atau luka yang terjadi pada anggota keluarga Anda, Diantaranya :

 

1.Buku Panduan P3K

Jenis-jenis obat-obaan atau perlengkapan didalam Kotak P3K tidak akan banyak membantu jika Anda tidak tahu fungsi dan cara penggunaannya, ditambah lagi bila Anda tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang cedera. Sebaiknya siapkan 1 (Satu) buah buku Panduan P3K yang berisi tentang jenis dan ciri cedera dan cara penanganannya. Letakkan buku tersebut didalam Kotak P3K.

2. Sarung tangan latex

Sarung tangan berfungsi sebagai pelindung penolong dari risiko penularan penyakit yang bisa terjadi melalui kontak darah atau cairan tubuh lainnya. Siapkan minimal 1 pasang sarung tangan.

3. Larutan Antiseptik

Luka ukuran kecil sebenarnya cukup di cuci dengan air dengan sabun. Jika diperlukan bisa dioleskan Povidone Iodine sebagai antiseptik. Untuk luka ukuran besar dengan perdarahan berat pertolongan pertama yang terpentng adalah menghentikan perdarahan.

4. Plester dan Kassa Steril

Kassa steril berfungsi untuk menutup luka. Sesuaikan ukurannya dengan lebar luka. Jika ukuran luka cukup besar dan kassa steril tidak cukup menutup luka tersebut bisa gunakan pembalut wanita sebagai penutup luka. Plester berfungsi sebagai penahan kassa atau penutup luka supaya tidak lepas.

 

5.  Gunting dan Pinset

Saat menangani luka atau cedera, Gunting dengan ujung Bulat (Tumpul) lebih aman digunakan dibandingkan Gunting dengan ujung yg tajam. Gunakan Gunting untuk memotong Plester, Kassa atau memotong pakaian korban jika diperlukan. Pinset dapat digunakan untuk  mencabut sengatan Serangga, mengangkat  kotoran atau serpihan-serpihan benda dari luka.

6.Perban Elastis

Tdak semua kecelakaan menyebabkan luka atau goresan, keseleo juga mudah terjadi. Perban Elastis dapat digunakan untuk menstabilkan pergelangan tangan, siku, pergelangan kaki, atau cedera lutut. Pelajari fungsi dan cara menggunakan Perban Elastis.

7. Pembalut Segitiga (Mitella)

Pembalut segitiga (mitella) memiliki banyak fungsi, bisa sebagai gendongan (sling) lengan yang patah, pembalut luka atau mengikat tungkai yang patah. siapkan minimal dua buah di Kit P3K anda. Lengkapi dengan peniti

 

8.Obat Penghilang Rasa Sakit

Siapkan obat penahan sakit yang sesuai untuk anggota keluarga anda. pastikan tidak ada alergi dengan obat-obatan tersebut sebelum memberikannya. cek selalu tanggal kadaluwarsanya.

 

9.  Kompres Dingin Instant (Kemasan)

Gunakan Kompres Dingin Instant untuk pertolongan pertama memar, terkilir, sengatan serangga.

10. Senter

Dalam situasi terentu Senter sangat diperlukan. Siapkan sebuah Senter kecil didalam Kotak P3K.

11. Nomor Telepon Darurat

Sama pentingnya seperti perban, pembalut. Nomor telepon darurat juga sangat penting. Nomor ini dapat berupa nomor telepon : Dokter, Ambulans (Termasuk Taksi dan Ojek), Kepolisian, dan Pemadam Kebakaran.

12. Obat-obat Resep

Jika anggota keluarga ada yang menderita Asma, Diabetes, Jantung, atau Alergi, maka simpanlah obat-obat tersebut di dalam Kotak P3K. Penggunaannya tentu harus sesuai Resep Dokter.

13. Daftar Isi Kotak P3K

Setiap Item yang ada di dalam Kotak P3K harus diketahui Tanggal Kadaluarsanya. Buatlah Daftar Isi Kotak P3K beserta tanggal Kadaluarsanya agar mudah melacak Item-item yang hilang dan mengecek tanggal kadaluarsanya dengan mudah.

Satu hal yang sebaiknya dilakukan adalah selalu membawa Kotak P3K ketika melakukan perjalanan sekeluarga atau siapkan saja dua Kotak P3K lengkap dengan isinya, masing-masing untuk di mobil dan di rumah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *