Makna Lambang P3K

 

pada setiap kotak P3K, pasti terdapat lambang berupa tanda + berwarna merah. Lambang tersebut kemudian dibingkai oleh garis-garis lengkung berwarna merah yang saling menyatu.

Pada dasarnya, lambang yang digunakan pada kotak P3K sebenarnya adalah lambang Merah Indonesia (PMI). PMI adalah Organisasi Nasional yang berdedikasi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Lambang PMI ini digunakan pada lambang P3K  adalah karena pada awalnya, PMI lah yang menyebarkan ke masyarakat luas tentang pentingnya menyediakan kotak P3K di masing-masing rumah, kantor, dan sekolah. Selain Kotak P3K, PMI juga mengajarkan beberapa cara mudah untuk menangani kecelakaan sederhana seperti luka atau memar.

Lampang ini memiliki warna kombinasi merah dan putih. Bagi orang yang tidak tahu sejarah PMI, pasti akan mengira bahwa ini diambil dari warna bendera Indonesia. padahal sebenarnya, warna ini diambil dari lambang negara Swiss. Karena, swiss adalah Negara Pertama yang memprakarsai Gerakan Palang Merah.

Bukan hanya dari segi warna saja, namun bentuk bendera Negara swiss pun juga ikut diambil untuk lambang palang Merah di Dunia termasuk di Indonesia, khususnya untuk lambang PMI. Lambangnya berupa tanda palang yang terdiri dari garis horizontal dan garis vertikal yang berpotongan tepat ditengahnya. Lambang ini terdapat pada bendera negara Swiss.

Pada bendera Swiss, palangnya berwarna putih dan warna dasarnya berwarna merah. Kedua elemen warna tersebut kemudian di tukar tempat untuk dijadikan lambang Organisasi Palang Merah di seluruh dunia. Hal ini sudah disepakati oleh seluruh Organisasi Palang Merah di seluruh dunia melalui Konferensi Jenewa.

Selain tanda palang, ada juga lima garis lengkung berwarna merah yang membingkai tanda palang tersebut. Masing-masing ujung garis bertemu satu sama lain sehingga membentuk sebuah bidang mirip lingkaran bersudut. Elemen ini hanya ditemukan pada lambang Palang Merah Indonesia (PMI), tidak terdapat di negara lain.

Elemen ini melambangkan 5 (Lima) identitas Nasional Indonesia, antara lain : Gotong Royong, Kebersamaan, Kenetralan, dan Juga Kemandirian. Dengan adanya elemen tambahan ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat bekerjasama untuk meningkatkan kualitas kesehatan bangsa tanpa campur tangan Negara lain, juga tanpa membeda-bedakan suku, agama, maupun ras yang beragam di Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai Lambang P3K yang dibuat oleh Palang Merah Indonesia (PMI) ini. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda ikut berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.