Isi Kotak P3K Untuk Petugas Lapangan

Sebetulnya hampir tidak ada perbedaan dari standard isi kotak P3K di tempat kerja. Namun harap diperhatikan khusus pada stok obat-obatan. Karena ada beberapa tipe obat yang tidak boleh diminum saat berada di tempat kerja. Karena dapat menyebabkan gangguan atau kompilkasi. Oleh Karena itu, perusahaan atau kantor tempat bekerja seharusnya menyediakan tim medis khusus yang menangani korban kecelakaan di tempat kerja atau yang mendadak terserang penyakit. Hal yang sama pun berlaku untuk kotak P3K yang dibawa saat bepergian. Meskipun tidak memiliki tim medis, tapi harus berhati-hati dengan pemakaian obat tertentu.

 

Prinsip Dasar Penggunaan Kotak P3K

harap dipahami bahwa penggunaan standard isi kotak P3K tidak dapat dilakukan sembarangan. Meskipun isinya sangat memadai dan terbilang lengkap, pemilik kotak P3K harus memahami panduan atau prinsip dasar pemakaian. Itulah alasan pentingnya menyediakan buku panduan pemakaian isi kotak P3K agar dapat dipahami oleh siapa saja yang membawanya.

Satu hal lagi adalah prinsip pertolongan pertama yang dilakukan. Ingatlah bahwa penggunaan tandard isi kotak P3K bertujuan melakukan tindakan pertama pada korban. Jadi tujuannya bukan kesembuhan total, melainkan pencegahan resiko yang lebih parah selama menderita kecelakaan atau penyakit. Tindakan penyelamatan pertama juga harus dilakukan dengan sigap dan tenang. Satu contoh kasus adalah kecelakaan di rumah akibat menggunakan pisau di dapur. Hal pertama yang harus dilakukan adalah segera membasuh bekas luka sebersih mungkin. lalu gunakan obat merah sebelum diperban. Sebetulnya petunjuk pemakaian standard isi kotak P3K sudah menjelaskannya, sehingga hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan.

Supaya tidak gegabah akibat guigup selama melakukan tindakan pertolongan, sebaiknya Anda mempelajari buku panduan di kala senggang. pahamilah langkah-langkah dasar menolong korban, dan hafalkan penggunaannya secara tepat. Standard isi kotak P3K cenderung berbeda di setiap rumah. Biasanya ada tambahan tertentu sepertii obat-obatan. Kalau ada salah satu anggota keluarga yang mengidap penyakit tertentu, hal itu harus dijelaskan dan dipahami seisi rumah. Contohnya adalah penggunaan obat asma hirup yang harus selalu tersedia dalam stok cukup. Khusus untuk obat-obatan juga harus memastikan dari resep dokter untuk menghindari resiko komplikasi atau gangguan penyakit lain.

Tersedianya kotak P3K didalam rumah atau tempat kerja akan menjamin perlindungan kesehatan. Tetapi kotak P3K tersebut harus dirawat dengan baik, atau selalu terjaga kebersihannya dan juga steril. Periksalah daftar isi di dalam kotak P3K agar stok tidak berkurang atau bahkan kosong. Catatlah setiap kebutuhan baru sebagai antisipasi dari pencegahan penyakit atau penyelamatan kecelakaan. Untuik beberapa isi seperti obat atau cairan, perhatikan tanggal kadaluarsanya. Sebab obab yang tersipan terlalu lama juga dapat sangat berbahaya. Apalagi kalau pemiliknya tidak teliti dan sembarangan menkonsumsi obat di dalam kotak P3K. Periksalah dengan cermat dan buanglah stok yang tersimpan lama dan segera ganti dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.