Isi Kotak P3K Untuk Kontrakan atau Kostan

Mayoritas para penghuni Kost-kostan atau kontrakan yang berada di dekat kampus adalah para mahasiswa yang sedang menempuh kuliahnya, tidak jarang disaat mengerjakan tugas yang menumpuk, membuat Paper, Ujian dan lainnya, terkadang membuat pusing kepala. Beberapa masalah tersebut adalah faktor khas yang bertanggung jawab atas Drop nya kondisi tubuh anak rantau atau anak kost-kostan, masalahnya kalau uang bulanan belum dikirim oleh orang tua, mengalami kecelakaan, atau jatuh sakit pada tengah malam, mau pergi ke klinik 24 jam, apa daya badan sudah tidak kuat, mau pergi ke rumah sakit, kantong tidak ada uang. Dari pada mengeluh sendirian, lebih baik sedia payung sebelum hujan, 7 obat-obatan ini wajib tersedia di kotak P3K Anda para Mahasiswa sebagai Pertolongan Pertama Anda setiap saat.

 

Minyak Kayu Putih dan Minyak Tawon

Keduanya adalah pasangan sejati yang tidak dapat dipisahkan, jangan remehkan eksistensi kedua benda ini, salah satunya saja dipisah sudah cukup membuat pusing kepala. Minyak Kayu Putih berguna untuk menyembuhkan perut kembung dan masuk angin, Minyak Tawon berguna sebagai minyak urut darurat apabila terkena memar, bengkak, keseleo, pegal-pegal. Disamping kegunaan utamanya yang memang untuk menyembuhkan gatal-gatal akibat gigitan serangga, bisul, dan Eczema.

 

Balsem dan Koyo

Balsem dan Koyo adalah salah satu yang paling penting disediakan dikala musim hujan dan flu menyebar. Balsem berguna untuk melegakan hidung yang mampet dan penghilang pusing.Sebenarnya balsem mempunyai manfaat yang hampir sama dengan minyak kayu putih, hanya saja balsem mempunyai efek lebih “Panas” yang terkadang kurang disukai oleh beberapa orang.

Sedangkan Koyo sangat berguna untuk mengurangi rasa pegal-pegal, khususnya di bagian pinggang, punggung, dan dahi. meniru cara nenek kita yang menaruh Koyo yang dipotong menjadi persegi kecil dan ditempel di pelipis terbukti dapat mengurangi rasa sakit kepala dan sakit gigi (Dengan Cara ditempel di pipi).

 

Obat Merah dan Plester Tempel

Obat Merah adalah antiseptik yang biasanya digunakan untuk mengobati luka kecil pada mamalia, Sedangkan Plester Tempel dapat digunakan untuk menutup luka terbuka pada kulit.

 

Parasetamol

Obat ini berguna apabila tiba-tiba terkena demam tinggi, jika diminum sesuai aturan pakai, obat ini dapat meredakan demam, namun apabila sakit berlanjut, hubungi dokter terdekat atau segera ke rumah sakit.

 

Obat Nyeri Haid

Untuk para wanita, kedua bahan ini seakan sesuatu yang wajib ada pada saat “Tamu Bulanan” datang dengan gejala-gejalanya, seperti nyeri, sakit perut, keram, pinggang tidak dapat digerakkan, dll. Untuk yang tidak suka menelan obat, ada cairan yang dijual bebas atau dengan meminum jamu-jamu tradisional dapat menjadi pilihan yang tepat, untuk yang tidak tahan bau dari jamu-jamu tradisional tersebut, dapat memilih obat yang lebih modern yang banyak dijual bebas di warung terdekat Anda.

 

Pil Putih

Pil yang kaya akan VItamin B ini berkhasiat untuk mengurangi pegal-pegal, mengurangi nyeri sendi, mencegah penyakit beri-beri, mengurangi dan mencegah rasa kesemutan, memperbaiki sel syaraf dan mencakupi  asupan Vitamin B pada tubuh.

 

Obat Nyamuk

Obat yang satu ini sangat berguna untuk mencegah sekaligus memusnahkan nyamuk-nyamuk, Kecoa, Lalat dan Serangga-serangga yang mengganggu kontrakan atau Kostan Anda. Jadi ada baiknya menyediakan minimal 1 kaleng kecil obat nyamuk untuk berjaga-jaga dari serangan nyamuk nakal.

 

Demikian 7 obat yang wajib ada di kotak P3K Anda. Jauh dari orang tua tidak serta merta membuat Anda manja, kita harus menunbjukkan kemandirian dengan cara menyedia payung sebelum hujan dalam menjaga kesehatan kita. Jangan jadikan Paper atau Tugas Akhir Anda menjadi “Kambing Hitam” atas penyakit yang menimpa, namun selalu tanamkan bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.